Pages

Flash Disk Tidak Bisa Di-Safely Remove

Saya pernah mengalami hal buruk serupa dan basu bisa saya selesaikan dalam waktu sekitar 3 bulan. Saya butuh waktu selama itu karena saya benar-benar baru mengalami hal tersebut.

Di bawah ini adalah hal-hal yang mungkin dilakukan dalam mengatasi masalah di atas:

1. memakai Unlocker, anda bisa mendowloadnya di www.download.com. Penulis pernah memakai juga aplikasi ini karena merasa sayang untuk format ulang komputer. Kita bisa mematikan aktifitas program yang masih berjalan di Flash Disk dengan klik kanan pada Flash Disk==>pilih Unlocker==>lalu pilih opsi unlocker pada tombol bawah.
Namun hal serupa di atas dapat juga di akibatkan oleh virus yang membuat shortcut atau menjalankan aplikasi di Flash Disk. Memakai Unlocker menurut saya bukan pilihan, karena terkadang ketika kita selesai mematikan program si virus dengan cepat membuat program lain/sama berjalan lagi di Flash disk.

2. Download antivirus up to date. Penulis pernah download antivirus pada link www.download.com. Keuntungannya karena antivirus bersifat gratis tanpa ada masa trial.
Kekurangannya terkadang istallernya membawa virus. Biasanya Antivirus Free Edition jarang menyediakan menu Clean atau remove threat, akhirnya justru terkadang ada fungsi komputer yang terhapus. Seperti saya yang kehilangan file autorun akibat terdelet Virus, juga komputer yang kehilangan beberapa aplikasinya.

3. Memanipulasi File Autorun Flash Disk. Saya sendiri tidak pernah melakukan hal ini. Saya hanya membaca sekilas pada sebuah Blog. Pertimbangannya karena saya kurang paham mengenai hal tersebut jadi saya fikir resiko kerusakan pada sistem FD juga tinggi.

4. Scan Online. Penulis tidak melakukan opsi ini juga karena beberapa pertimbangan:
* Penulis hanya punya modem usb, artinya hanya bisa memakai pulsa kartu prabayar/pascabayar biasa. kalau scan online 30Gbyte, berapa Rupiah yang harus dikeluarkan.
* Tidak punya kenalan pemilik warnet untuk meminta scan online
* kalaupun bisa scan online ada kemungkinan data kita hilang dan harus instal ulang. saya sendiri tidak bisa menjamin yang hilang bukan data penting.

5. Download Antivirus trial dari situs pengembangnya. Misal kita ingin mendownload NOD32 yang Notabene memiliki sistem Clean Files yang lebih ramah pada sistem. Kita download dari situs resminya, bukan dari penyedia software gratis.
Keuntungannya Lebih aman Installernya(tidak membawa virus). Perlindungan Maksimum.
Kerugiannya bermasa trial, kadang tidak bisa di update.

6. Kemungkinan terburuk ya.. terpaksa, Format Ulang Komputer Anda, Baik Primary atau Secondary drivenya. Karena biasanya virus juga tinggal di drive partisi. kalau tidak di sapu habis yang sama saja.

Tidak ada komentar:

 

Blogger News

Blogroll

Most Reading