Pages

Search This Blog

Windows 8 Review

Windows 8 telah diliris oleh Microsoft Corp. September ini, walapun masih dalam versi developer priview yang notabene masih banyak Bug. Namum demikian saya masih penasaran untuk mencobanya. Setelah masa yang panjang untuk mendapatkan Windows 8, akhirnya saya mendapatkan Windows 8 Developer Preview 32 Bit kapasitas 2,3 GB. Setelah dicoba, Waw...

Kalau Anda pengguna Windows 7 dan pencinta Windows 7 maka Anda akan lebih terpesona lagi dengan Windows 8. Pada versi kali ini Microsoft benar-benar mengeksplor habis di bagian interface, dengan membuat tampilah dinamis nan elok. Maklum selentingan kabar di beberapa situs, windows 8 digadang-gadang akan menjadi lawan berat iOS.

Windows 8 sangat optimal di perangkat layar sentuh.la Saya beberapa kali melihat video preview windows 8 yang dipasang di gadget layar sentuh, dan memang lebih dahsyat kalau dibandingkan dengan penggunaan pada PC atau Laptop yang menggunakan Mouse. Dinamika menu dan fitur lebih baik kalau digunakan dengan sentuhan.

Sekarang saya akan memberikan review tentang Windows 8. Saya menginstalnya di Netbook Asus EEE PC 1015 PX, Processor Intel Atom, Memori 2 GB.

1. Tampilan Awal sudah bukan langsung masuk ke Desktop, namun ke area Start Screen, dimana aplikasi yang kita install dan bawaan windows dapat diakses langsung dari sana. Tampilannya seperti handphone slide, dimana terbagi-bagi menjadi beberapa kelompok menu dan bisa diubah posisi masing-masing menunya. Ini luar biasa baru dan keren menurut saya.



2. Yang saya paling suka adalah bagian cepatnya booting. Start up dan shutdown kurang dari 7 detik, ini dari mulai saya tekan tombol di keyboard lho. Apa lagi shut down-nya sekali pencet langsung nggak lama-lama lagi. Dahsyat.

3. Desktop tidak banyak berubah, rasa windows 7 masih ada. Hanya saja, start menu jadi berubah sangat. Menunya jadi 4 buah saja, yang terhubung ke submenu masing-masing. Ya mirip handphone gitu lah. Kolom searchnya juga berubah. Jika pada windows 7 search langsung ketik,s ekarang harus melakukan beberapa klik untuk pencarian. Tombol Shutdown agak tersembunyi. Harus klik menu setting lalu akan tampil sidebar dimana tombol shutdown berada.





4. Internet Explorer, yah ini bagian yang mengecewakan. Masih seperti itu saja. Tampilan mungkin ada peningkatan, lebih friendly, sudah simply, menu lengkap tambah download manager pula. Tapi tetap, CSS3 tidak bisa dieksekusi dengan baik. Masih seenaknya sendiri, seperti biasa.



5. Yang baru lagi adalah interface explorer dan copy process-nya. Explorer ditambah navigasi uutuk menu-menu eksekusi yang berhubungan dengan file, dikelompokkan berdasarkan fungsi menunya. Tampilannya mirip Microsoft office 2010. Interface copy/delete Process-nya juga jadi atraktif, Seperti alat Seismograf untuk mengukur kecepatan transfer file-nya.




Secara keseluruhan inilah generasai terbaru windows. Satu kata dari penulis. Kerrrrreeeen. Persaingan antara Operating System akan menjadi seru di tahun-tahun selanjutnya. Apa lagi nanti di tambah OS Chrome dari Google. Selamat mencoba ya.


No comments:

 

Most Reading